2 Cara Mengatasi Mobil Goyang-Goyang

Mobil Goyang-Goyang

Mobil Goyang-Goyang – Mobil yang kerap digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau sering melintasi medan berat dan rusak, harus mendapatkan perhatian ekstra. Bukan saja merawat bagian mesinnya, tapi juga juga wajib memperhatikan perawatan kaki-kaki mobil yang menyangkut urusan roda, seperti upaya spooring dan balancing. Apalagi jika mobil cukup berumur, maka spooring dan balancing harus sering dilakukan.

Mobil Goyang-Goyang

Mobil Goyang-Goyang

Spooring

Mobil yang digunakan dalam waktu lama akan berubah kedudukan keempat rodanya. Spooring bertujuan untuk meluruskan kembali posisi keempat roda seperti keadaan pengaturan awal saat keluar pabrik. Biasanya roda depan yang akan diluruskan kembali. Bahasa kerennya, spooring atau front wheel alignment adalah upaya penyetelan sudut-sudut geometri roda depan (chamber, caster, toe), agar selaras dengan lingkar kemudi. 

Anda harus melakukan spooring jika mulai merasakan permukaan ban tidak rata atau terasa ada benjolan. Hal ini menandai sistem suspensi mobil sedang mengalami masalah. Keadaan ini bisa terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya. Secara kasat mata, Anda juga bisa mengetahui mobil harus dilakukan spooring jika melihat keempat ban tidak sejajar dalam posisi diam, misalnya roda miring atau roda depan tidak lurus dengan roda belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.

Balancing

Bagaimana dengan balancing? Sesuai namanya, upaya ini adalah proses menyeimbangkan ban mobil. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Setelah mengganti ban atau velg, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang. Balancing juga dilakukan saat mobil sudah mencapai batas tertentu seperti waktu atau jumlah kilometer yang dilalui. Setiap mobil memiliki batas waktu dan kilometer yang berbeda sesuai karakteristiknya. Setelah dilakukan spooring dan balancing, mobil akan tetap prima yang menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. Selain itu ban mobil tak mudah aus, menghemat pemakaian bahan bakar, kendali mobil menjadi lebih stabil, kemudi akan lebih mudah kembali dalam posisi lurus setelah berbelok. 

Spooring dan balancing dapat juga menghilangkan suara berdecit pada ban ketika berbelok, menyelaraskan kelurusan roda kemudi, meningkatkan kestabilan dalam berkendara, dan menjaga keawetan kaki-kaki mobil. Nah, setelah perawatan kaki-kaki lewat spooring dan balancing telah dilakukan, mobil telah kembali prima.

Namun, guna lebih menjamin kenyamanan berkendara, harus juga dilakukan pemeriksaan dan perawatan mesin secara berkala.  Hal paling penting tentu memastikan mesin mobil mendapatkan asupan pelumas atau oli mesin terbaik untuk menjaga performa mesin tetap mumpuni. 

Disarankan untuk menggunakan oli mesin berbahan ester, yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga dan lebih hemat bahan bakar. Kandungan bahan ester digunakan dalam oli X-TEN membuat oli tahan lama. Oli X-TEN mampu bertahan lebih lama dari oli lain. Rata-rata penggantian oli X-TEN dilakukan saat mobil di atas 15.000 km, lebih lama daripada penggunaan oli biasa.

Dan jauh lebih penting adalah penggunaan oli X-TEN dalam jangka waktu lama akan memproteksi mesin dari gesekan hingga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen. Ini juga membuat mesin awetnya tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.