2 Tips Mengemudi Jarak Jauh dengan Aman

tips berkendara jarak jauh

Tips Mengemudi Jarak Jauh – Bagi sebagian besar orang, mengemudikan mobil dianggap hal sepele dan bisa dilakukan dengan bebas tanpa perlu memperhatikan posisi badan dan aturan tertentu. Bisa saja memang mengemudi dengan posisi badan serampangan, tapi hasilnya adalah badan mudah letih dan hilang konsentrasi, hal yang paling sering menjadi faktor penyebab kecelakaan.  

Tips mengemudi jarak jauh

Tips Mengemudi Jarak Jauh

Posisi Berkendara

Agar mengemudi menjadi hal yang menyenangkan serta aman dan nyaman, maka harus diperhatikan posisi berkendara yang ergonomis dengan mengatur:

  • Posisi duduk dengan mengatur posisi kursi mobil yang sesuai dengan rentang tangan dan kaki. Posisi duduk yang dianjurkan adalah  badan tegak namun tetap rileks dengan punggung menempel pada sandaran jok (backrest).  Posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara dan pandangan dapat menjangkau  ke area exterior mirror, interior mirror, maupun blind spot area.
  • Posisi kepala yang sejajar dengan posisi headrest kursi. Posisi kepala harus tegak agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kendaraan tidak terganggu. 
  • Posisi tangan harus tetap bebas bergerak dan rileks. Posisi tangan ketika menggenggam lingkar kemudi juga dianjurkan pada posisi arah pukul 9 dan arah pukul 3. Selalu gunakan kedua tangan ketika memegang lingkar kemudi untuk menjaga refleks bermanuver dan juga demi keselamatan.
  • Posisi kaki tidak boleh terlalu menekuk maupun terlalu lurus. Pinggul tidak boleh lebih rendah dari lutut karena akan menyumbat peredaran darah ke kaki. 
  • Melakukan peregangan otot sebelum berkendara agar peredaran darah lancar dan pengendara tidak merasa kelelahan. Peregangan otot dapat dilakukan setiap 2-3 jam sekali ketika badan sudah terasa pegal atau kurang nyaman selama berkendara.

Selain memperhatikan posisi badan saat berkendara agar tak mudah lelah dan kehilangan konsentrasi, saat berkendara jarak jauh juga perlu memperhatikan  kelengkapan kendaraan dan menjaga performa mesin agar tetap prima dan stabil. 

Mesin Kendaraan

Biasanya, saat berkendara jarak jauh, mesin akan menjadi panas dan tarikan mesin menjadi berat. Untuk menghindari hal ini, upayakan menggunakan pelumas mesin  berbahan ester yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran, sehingga mesin tetap adem, bersih, bertenaga,  dan hemat bahan bakar. Bahan ester dapat ditemukan dalam Oli X-TEN. Bahan ester pada Oli X-TEN membantu menjaga tingkat keausan mesin hanya 5-10% sehingga tarikan mesin tetap enteng walau dipakai untuk berkendara jarak jauh. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas. Sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur  mesin tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.