3 Alasan AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak DIngin

AC Mobil Tidak Dingin – Air conditioner (AC) menjadi fitur penting di mobil untuk menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Fungsi AC di mobil adalah membuat udara di kabin menjadi sejuk. Lantaran fungsi pentingnya, pemilik harus selalu memperhatikan perawatan AC mobilnya. Memang tak mudah bagi kalangan awam untuk mengetahui kondisi AC. Tapi, setidaknya secara sederhana Anda dapat mengetahui tanda-tanda AC perlu diperbaiki atau sudah saatnya diganti. 

AC Mobil Tidak DIngin

AC Mobil Tidak Dingin

Suara Kompresor

Tanda paling mudah mengetahui kondisi AC adalah dengan mendengar suara kompresor. Dengarkan dengan teliti suara kompresor saat AC dinyalakan. Bila terdengar suara kompresor seperti suara orang mendengkur atau ngorok, maka dapat dipastikan komponen kompresor mengalami keausan. Bunyi yang dihasilkan kompresor bersumber dari komponen bernama magnetic clutch. Saat kompresor AC beroperasi dalam kondisi mesin mobil menyala, magnet  akan berputar karena kinerja mesin melalui sabuk atau belt. Jika tidak bermasalah,  dalam kondisi ini akan terdengar suara dengungan halus dari kompresor.

Saat AC dioperasikan dalam kondisi mesin mati, belt akan tetap berputar, namun tidak  memutarkan kompresor. Hal itu terjadi karena magnet tidak menyambungkan putaran mesin ke komponen di dalam kompresor. Apabila bagian magnetic clutch bermasalah maka akan menghasilkan bunyi seperti dengkuran keras. Masalah ini pula yang membuat AC tidak mampu mengeluarkan  hawa sejuk sebagai hasil kerja kompresor yang mendorong freon AC. Jika dibiarkan terlalu lama,  AC bahkan akan mengeluarkan hawa panas karena gesekan magnetic clutch. Solusi persoalan ini tidak lain adalah mengganti komponen yang rusak tersebut. 

Freon Bermasalah

Selain persoalan pada kompresor, penyebab lain AC menjadi tidak dingin adalah akibat freon bermasalah, blower yang tidak bekerja optimal, atau filter kabin kotor. Untuk mengatasi masalah terakhir, pemilik kendaraan harus rajin membersihkan filter kabin setidaknya sehari sekali. Jika sudah tak lagi dapat dibersihkan akibat menumpuknya debu atau kotoran, maka  filter kabin harus diganti. Filter kabin merupakan komponen AC yang berfungsi menyaring kotoran yang ada di kabin mobil. Jika filter kotor, maka menghambat hembusan blower ke kabin, sehingga yang terjadi kemudian adalah AC terasa kurang dingin.   

Kinerja Mesin Mobil

Operasional AC juga sangat tergantung pada kinerja mesin mobil. Agar AC beroperasi optimal dan tahan lama, maka perlu daya tahan mesin yang mumpuni dengan tarikannya yang enteng sangat diperlukan. Mesin yang kerap bermasalah akan mempengaruhi kerja komponen-komponen di dalam kompresor AC. Guna mendapatkan daya tahan mesin yang mumpuni dan tarikan mesin yang entengnya tahan lama itu, ternyata tak terlampau sulit. Anda hanya harus pandai memilih pelumas mesin terbaik. Disarankan  menggunakan pelumas berbahan dasar ester seperti yang terkandung di dalam oli X-Ten.

Bahan ester pada oli  X-TEN memproteksi  mesin dari gesekan sisa pembakaran oli yang menjadikan mesin lebih tahan terhadap tekanan panas  sehingga  performa mesin tetap sempurna pada saat temperatur mesin tinggi. Tarikan mesin pun akan tetap enteng tahan lama walau mobil telah menempuh perjalanan panjang. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kandungan ester pada oli X-TEN yang melindungi terhadap gesekan mesin akan menjaga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen sehingga mesinnya tahan lama. Karenanya, dalam jangka waktu panjang, pengguna oli X-TEN akan merasakan mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, dan lebih hemat bahan bakar dan lebih tahan lama. Oli X-Ten pun mampu melindungi mesin lebih panjang hingga 15.000 KM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.