3 Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting, Bikin Mobil Tetap Cool!

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting – Radiator pada mobil merupakan komponen penting dan punya tugas menarik. Mesin mobil menggantungkan “harapan” di tangan radiator agar hidupnya tetap cool agar  bisa bekerja dengan optimal sehingga mampu mengantarkan pengendaranya sampai di tempat tujuan. 

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting

Fungsi Utama adalah Pendingin Suhu

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting

Fungsi utama radiator pada mesin mobil adalah sebagai pendingin suhu panas yang dihasilkan sebagai akibat reaksi pembakaran bahan bakar. Suhu panas  akan terus meningkat selama mobil masih dalam kondisi menyala. Peran radiator  adalah guna menstabilkan suhu atau temperatur yang ada di dalam mesin mobil agar tidak terjadi overheat atau panas berlebih. Jika sempat terjadi overheat, maka bisa dipastikan timbulnya sejumlah kerusakan mesin dan mobil akan mogok.   

Mengalirkan Air Pendingin

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting

Sebagai pendingin mesin, radiator bekerja dengan mengalirkan air atau cairan pendingin (coolant) menuju ke saluran yang mengelilingi mesin.Tujuannya adalah untuk menyerap panas pada mesin. Suhu panas yang diserap air kemudian dilepaskan menjadi uap. Air kemudian kembali berputar mengelilingi mesin seperti proses awal dan berlangsung terus menerus selama mesin menyala.  

Mengingat fungsinya, maka air atau cairan pendingin radiator jadi salah satu unsur  penting pada radiator. Air radiator akan mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin dengan cara melepaskan panas ke udara. Karenanya menjadi penting untuk memeriksa kualitas air radiator. Apabila tidak dibersihkan, akan terjadi penumpukan kotoran yang akan mempengaruhi kemampuan air menyerap panas mesin mobil. 

Volume air radiator pada mobil berkisar tiga hingga empat liter. Dalam pengisian air radiator tidak dipatok dengan angka melainkan volume pada wadah air radiator itu sendiri. Sebisa mungkin pengisian air radiator jangan sampai terlalu berlebihan, apalagi kurang. Pengisian air radiator yang terlalu berlebihan juga akan membahayakan. 

Saat melakukan pengisian air radiator diwajibkan mesin mobil dalam keadaan menyala. Hal itu guna mendorong air sisa yang masih ada di dalam jaringan pendingin terdorong ke luar dan digantikan dengan air baru. Walau air tanah bisa dijadikan sebagai air pengisi radiator, namun untuk menghasilkan kinerja penyerapan panas yang optimal disarankan untuk menggunakan air khusus pendingin radiator atau yang biasa disebut coolant

Memeriksa Kondisi Oli

Alasan Radiator Mobil Merupakan Bagian Penting

Baca juga: Periksa oli secara berkala, salah satu tips ampuh merawat mobil
Setelah memeriksa kondisi air radiator, Anda harus memeriksa kondisi dan volume minyak pelumas mesin. Disarankan untuk menggunakan oli mesin berbahan ester, yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga dan lebih hemat bahan bakar. 

Kandungan bahan ester digunakan dalam oli X-TEN.Penggunaan oli X-TEN  memproteksi mesin dari gesekan hingga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen. Oli X-TEN mampu bertahan lebih lama dari oli lain. Rata-rata penggantian oli X-TEN dilakukan saat motor menempuh lebih dari 5.000 KM atau mobil di atas 15.000 km, itu sebabnya oli X-TEN dikenal olinya tahan lama.

Selain olinya tahan lama, oli X-TEN juga sudah teruji untuk meminimalisir gesekan di dalam mesin, hal ini karena kandungan ester yang ada dalam oli X-TEN berfungsi untuk melapisi logam yang ada di dalam mesin sehingga gesekan antar komponen tidak terlampau keras. Kondisi inilah yang membuat oli X-TEN bikin mesin tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.