3 Cara Menjaga Performa Mobil Niaga

Mobil Niaga

Mobil Niaga – Di kalangan dunia usaha, memiliki mobil niaga sudah menjadi keharusan. Mobil niaga berjenis pick-up digunakan untuk mengangkut barang atau material dari satu tempat ke tempat lain atau guna mendukung berbagai kegiatan operasional lainnya. Mengingat arti pentingnya, perlu kiranya diketahui upaya untuk menjaga performance mobil niaga tetap prima dan berumur panjang agar dapat memberikan keuntungan maksimal bagi pengusaha. 

Mobil Niaga

Mobil Niaga

Bobot Muatan

Hal penting untuk diperhatikan adalah menghitung bobot muatan. Pemilik kendaraan harus selalu mematuhi aturan batas maksimal bobot muatan yang bisa diangkut kendaraan. Aturan tentang bobot muatan tertera pada buku petunjuk pengoperasian dan surat kir kendaraan. Pabrikan pembuat mobil niaga menetapkan aturan mengenai bobot muatan maksimal atau kapasitas daya angkut maksimal tentu dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti kekuatan mesin, kemampuan akselerasi, kekuatan kaki-kaki, serta lebar dan ketinggian bak angkut. Semua hal tersebut dipertimbangkan guna menjamin keselamatan dan kenyamanan pengemudi.

Penyimpanan Barang Muatan

Perlu juga diperhatikan cara penempatan barang atau material saat di susun ke dalam bak angkut. Cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan bagi kekuatan dan akselerasi kendaraan. Saat menyusun barang, tempatkan barang yang lebih berat pada bagian depan bak dan dan barang dengan bobot lebih ringan di belakang. Hal ini dilakukan guna  menjaga distribusi beban merata agara kendaraan dapat melaju lebih stabil.

Servis Berkala di Bengkel Resmi

Selain itu, pemilik mobil harus patuh dalam melakukan servis berkala di bengkel resmi untuk menghindari pergantian suku cadang yang tidak sesuai spesifikasi dan pemasangan suku cadang yang tak sesuai rekomendasi pabrikan. Upaya ini perlu dilakukan dengan benar agar kinerja mesin tetap terjaga optimal, terhindar dari kerusakan akibat salah penanganan, menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar, mempertahankan kualitas sistem keamanan, dan menjaga nilai jual kendaraan. Kendaraan niaga dikenal sebagai pekerja keras. Untuk itu, perlu dijaga ketahan mesin dengan menggunakan pelumas mesin yang berbahan ester seperti yang terdapat dalam oli X-TEN. Bahan ester menjadikan oli X-TEN tahan lama walau masa pakainya lebih panjang dari oli lain, hingga mencapai 15.000 KM. 

Oli X-TEN juga menjadikan tarikan mesin lebih enteng, hingga saat mengangkut beban berat, kendaraan niaga tetap stabil dan tidak menurunkan kemampuan akselerasi. Lapisan Ester dalam kandungan oli X-TEN mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran sehingga mesin tetap adem, bersih, dan  hemat bahan bakar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.