3 Tips Merawat Mesin Mobil LCGC

Merawat Mesin Mobil LCGC

Merawat Mesin Mobil LCGC – Siapa bilang mobil  Low Cost Green Car (LCGC) tidak bisa andal? Buktinya sekarang mobil jenis ini mulai membanjiri jalan raya Indonesia. Mulai dari Sigra, Brio Satya, Agya, hingga Karimun dan Ayla dan Calya. Mobil-mobil ini cukup semarak berwara-wiri di trotoar. Kian diminatinya LCGC membuktikan bahwa mobil ini disukai bukan hanya karena harganya relatif terjangkau, melainkan juga cukup andal dan nyaman dipakai. Selain itu tentu karena BBMnya juga super hemat.

Program LCGC sebenarnya mulai dirilis pemerintah pada 2013, sebagai mobil murah dengan pengenaan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) nol persen. Program ini diharapkan dapat memperluas pasar mobil di Indonesia dengan menciptakan segmen baru. Hingga hari ini, dapat dikatakan program LCGC ini cukup berhasil, sebab penjualan mobil LCGC terus mendongkrak perekonomian nasional.

Lalu bagaimana agar mobil jenis LCGC bisa makin awet dan andal? Ada beberapa tips perawatan yang dapat dilakukan agar mobil Anda mesinnya tahan lama.

Merawat Mesin Mobil LCGC

Merawat Mesin Mobil LCGC

  • Pakai BBM yang tepat

Karena harga mobil LCGC relatif murah, bukan berarti bisa memakai BBM murahan, lho. Justru mobil ini lebih pas kalau menggunakan BBM RON minimal 92 alias yang beroktan tinggi. 

Sesuai dengan konsep ramah lingkungan yang diusung LCGC, maka BBM-nya pun harus yang ramah lingkungan juga. Jangan sampai memaksa LCGC menggunakan BBM oktan rendah, sebab bisa memicu kerusakan pada mesinnya. BBM oktan rendah menghasilkan residu yang mengotori ruang pembakaran pada mesin. Kalau residu ini menumpuk, dapat berubah jadi lumpur, sehingga secara otomatis akan merusak mesin dan mengganggu kinerja mobil. Jelas ini tidak akan membuat mesinnya tahan lama, bukan.

  • Dirawat secara berkala

Apakah mobil LCGC bisa menempuh jarak jauh? Kenapa tidak? Selama dipakai secara sehat dan dirawat baik, LCGC tak kalah andal dari mobil jenis lain. Rajinlah merawat mobil Anda, mulai dari ganti oli, membersihkan semua komponen seperti filter, karburator, memeriksa sistem transmisi. sistem listrik, busi, sampai spooring, balancing, air radiator, sampai tekanan angin pada ban. Rawatlah semua bagian mobil, dan selalu memakai produk perawatan yang berkualitas. Maka dijamin mesin mobil LCGC Anda akan tahan lama.

  • Pilih oli berkualitas

Sama seperti mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV), LCGC pun perlu perawatan berkala seperti mengganti oli. Karena konsepnya green car alias ramah lingkungan, maka pilihlah oli berkualitas yang bikin mesinnya tahan lama. Oli jenis ester dari X-TEN mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Mungkin Anda bertanya mengapa? Karena kandungan ester yang ada dalam Oli X-TEN akan membuat kinerja mesin lebih oke selayaknya mobil balap. Kandungan ester juga menstabilkan suhu pada mesin sehingga tidak mudah terjadi overheat alias terlalu panas. Oli ini pun tak perlu sering diganti, sebab memiliki masa pakai panjang, yaitu 15.000 kilometer pada mobil. Selain ini kandungan ester juga akan mampu melindungi mesin mobil Anda dari gesekan yang berlebihan dan juga bisa membersihkan sisa-sisa pembakaran di mesin agar tidak menempel.

Lalu jenis oli X-TEN mana yang cocok bagi mobil  LCGC Anda? Saat ini tersedia varian X-TEN GASOLIN ULTRA 0W20 SN/GF6 LCGC yang sangat pas bagi mobil LCGC. Dengan oli ini, dipastikan tarikan mobil Anda entengnya tahan lama dan juga mesinnya tahan lama.

Nah itulah tadi tips-tips yang bisa membuat mobil LCGC Anda tangguh di jalan, serta nyaman untuk dikendarai. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.