4 Tips Mengatasi Overheat Pada Mobil

overheat pada mobil

Overheat Pada Mobil – Macet sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi warga Jabodetabek serta kota-kota besar lain di Indonesia. Bukan hanya menyiksa pengendara, macet yang terlampau lama dan terus menerus juga menyiksa mesin mobil. Ya, macet membuat mesin cepat panas, yang berimbas pada daya tahan mobil. Padahal kita semua ingin punya mobil yang mesinnya tahan lama, walau sering dipakai bermacet-macetan.

Tenang, ada sejumlah tips yang dapat dipraktikkan agar mesin mobil kita tidak lekas panas kendati sering terjebak macet:

overheat pada mobil

Overheat Pada Mobil

Rajin memeriksa kondisi sistem pendingin 

Sistem pendingin meliputi radiator, kipas radiator, sirkulasi air, dan kipas AC. Periksa selalu bagian-bagian itu, siapa tahu ada gangguan sehingga tidak bekerja dengan baik. 

Rajin melakukan penggantian oli

Ganti oli bikin buang waktu dan biaya? Tidak juga. Sebab dengan mengganti oli secara berkala, maka mobil bisa lebih awet karena mesinnya tahan lama. Kalau ingin hemat, pilihlah oli dengan usia pemakaian lebih lama, yang dapat mencapai jarak tempuh mobil 15.000 kilometer. Kelebihan macam ini dimiliki oleh oli X-TEN. Dengan begitu maka rutinitas ganti oli bukan lagi suatu pemborosan.

Pastikan memilih oli yang tepat

Sebagai bahan pelumas mesin, oli sangat berperan penting bagi kendaraan. Pastikan oli yang dipakai berkualitas, mampu membuat mesinnya tahan lama. Oli X-TEN dengan kandungan ester dijamin mampu membuat mesin mobil tetap dalam suhu stabil walau sering terjebak macet atau melaju di kecepatan tinggi.

Pakai bahan bakar yang pas dengan spesifikasi mesin 

Bahan bakar dengan oktan yang tinggi membuat kinerja mesin lebih ringan. Lebih baik jika disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil. Mesin yang overheat atau panas berlebihan biasanya disebabkan RON (Research Octane Number) yang lebih rendah. Kondisi ini dapat membuat mobil knocking atau ngelitik. Kalau terus menerus terjadi maka mesin semakin panas dan berbahaya bagi pengendara. 

Silakan mencoba tips tadi, semoga bisa berguna. Namun intinya pemilihan jenis oli sangat berperan dalam menjaga stabilitas suhu mesin. Tentu kita ingin punya mobil yang mesinnya tahan lama, bukan? Maka pakailah oli yang memang didesain untuk membuat mesin tetap stabil walau dalam kondisi panas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.