5 Cara Gampang Merawat Mobil Bekas

Cara Gampang Merawat Mobil Bekas

Cara Gampang Merawat Mobil Bekas – Membeli mobil second alias mobil bekas pakai bukan berarti merugi. Justru kalau mendapatkan mobil bekas yang masih layak pakai, mesin bagus, dan terawat, akan sangat menguntungkan.

Seperti kita tahu, mobil yang sudah pernah dipakai, walau beberapa bulan saja, harganya akan jatuh. Bisa turn 30-50 persen dari harga beli sewaktu masih baru. Maka untuk keperluan bisnis atau sehari-hari, membeli mobil bekas merupakan langkah yang bijak dan ekonomis.

Tentu saja mobil bekas harus diperlakukan sama dengan mobil baru, yaitu rajin dirawat agar mesinnya tahan lama. Bahkan mobil bekas yang dirawat dengan baik akan berpotensi dijual lagi dengan harga yang tidak terlalu terbanting. Tentu ini akan menguntungkan, bukan?

Apa saja jurus merawat mobil bekas? Ini dia ada beberapa langkah yang dapat diaplikasikan agar mobil bekas yang Anda beli bisa setangguh mobil baru:

Cara Gampang Merawat Mobil Bekas

Rajin dibersihkan

Bukan hanya bagian luar mobil saja yang harus dibersihkan, melainkan juga bagian dalamnya. Untuk bagian luar alias eksterior, cucilah mobil secara berkala, misalnya seminggu sekali. Namun di musim hujan atau saat sering melalui jalanan becek, sebaiknya langsung dibersihkan agar body mobil tidak mudah kusam dan berkarat. Pembersihan bagian eksterior akan menjaga penampilan sehingga mobil Anda walaupun bekas tetap bisa tampil kinclong. Sedangkan bagian interior dan bagian dalam mesin juga wajib sering dibersihkan agar tak mudah berkarat atau berkerak. Cara ini dapat membuat mesinnya tahan lama.

Ganti oli berkala

Seringlah memeriksa apakah oli mesin masih dalam kondisi baik. Tanyakan pada pemilik lama, kapan terakhir oli diganti? Namun agar aman, kuraslah oli lama, ganti dengan yang baru. Dengan begitu performa mobil bisa lebih optimal.

Pilih oli berkualitas yang mengandung ester untuk mencegah mesin aus dan selalu stabil dalam suhu tinggi. Pastikan oli Anda sudah sesuai dengan SNI agar mesin mobil aman. Misalnya Anda bisa menggunakan oli berkualitas dari X-TEN yang olinya tahan lama, yaitu bisa dipakai hingga 15.000 kilometer.

Selain itu kandungan ester dalam oli X-TEN ini juga bisa bikin mobil tahan lama dan entengnya tahan lama. Karena kandungan ester dalam oli X-TEN dalam mengikis dan membersihkan kerak-kerak sisa pembakaran dalam mesin. Sehingga tarikan mobil entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama.

Jaga cairan mobil

Cairan yang dimaksud adalah semua benda cair yang diperlukan mobil, seperti air radiator, power steering dan cairan rem. Dengan air radiator, suhu mesin mobil Anda akan terjaga sehingga tidak terjadi overheat. Pelumas mobil mengandalkan power steering. Sistem hidrolik dalam sistem rem membutuhkan cairan rem. Walau mobil bekas, pastikan semua cairan tersebut tetap tersedia dalam kondisi baik.

Servis berkala

Semakin sering mobil dipakai, semakin memerlukan servis. Biasanya dilakukan setiap 10.000 kilometer sekali untuk memastikan semua onderdil mobil bekerja baik. Setiap ada gangguan, langsung konsultasikan ke ahlinya agar dapat segera dicari solusinya. Hindari membiarkan gangguan teknis terlalu lama, karena dapat berakibat fatal seperti rusaknya mesin sehingga bisa mogok mendadak. Servis berkala membuat mobil mesinnya tahan lama.

Periksa aki

Sumber listrik ada mobil adalah aki. Ketika bagian ini menurun dayanya, maka sejumlah komponen lain akan kena dampaknya. Cek apakah air aki masih cukup memadai, sesuai garis penanda. Jika aki dan air aki sudah tidak layak sebaiknya segera diganti agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan serius di kemudian hari.

Mobil bekas sekalipun dapat bernilai ekonomis bagus apabila Anda merawatnya. Maka sayangilah mobil bekas Anda, sama seperti mobil baru. Dengan mobil yang terawat maka harga jualnya kelak bisa stabil, dan Anda sendiri yang untung, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.