5 Cara Merawat Mesin Mobil Secara Berkala

Merawat Mobil Menjadi Nyaman

Merawat Mesin Mobil Secara Berkala – Anda yang banyak menghabiskan waktu di mobil tentu memerlukan suasana yang kondusif. Terlebih apabila mobil menjadi mata pencaharian sehari-hari. Entah itu sebagai pengendara taksi online, taksi konvensional, mobil sewaan, atau bahkan pickup dan truk. 

Kenyamanan ini penting, karena bisa memelihara semangat berkendara, bahkan kesehatan mental dan fisik. Apa saja yang harus dilakukan agar mobil nyaman dikendarai? Bahkan kalau perlu nyaman bagi penumpangnya juga, agar rezeki Anda selalu mengalir lancar.

 

Ini dia beberapa kiatnya:

Merawat Mesin Mobil Secara Berkala

Merawat Mobil Menjadi Nyaman

Menjaga Kebersihan Mobil

Kebersihan mobil bukan hanya di bagian luar saja, melainkan juga bagian interiornya. Mobil yang tampak kinclong dari luar memang keren, akan tetapi akan lebih keren lagi kalau bagian dalamnya ikut bersih. Lap debu-debu di dashboard, kaca, dan lakukan vakum pada jok. Semprot dengan disinfektan setiap hari agar bisa membunuh bakteri tak terlihat. Sediakan cairan hand sanitizer dan tempat sampah ukuran kecil agar Anda dan penumpang ikut menjaga kebersihan.

 

Tambahkan Aksesoris

Yang dimaksud bukan sekadar aksesoris hiasan, melainkan yang menambah kenyamanan. Seperti lapisan jok yang empuk, bantal kecil pengganjal punggung, bantal leher, serta pewangi ruangan yang beraroma lembut. Duduk terlalu lama akan memicu rasa pegal di punggung, leher, dan pantat. Karena itu manjakan sedikit area-area itu agar Anda dapat berkendara lebih nyaman.

 

Sediakan Kebutuhan Pengendara

Dalam perjalanan panjang, pengendara akan sering merasa penat, haus, bahkan lapar serta jenuh. Ada pula kemungkinan terserang pusing, serta gangguan fisik lain. Selalu sediakan kebutuhan utama bagi pengendara seperti air putih yang cukup, snack atau permen, obat-obatan yang diperlukan di saat darurat. Menjaga kesehatan fisik dan psikis sangat penting, mengingat Anda harus selalu fokus agar perjalanan lancar dan selamat tiba di tujuan.

 

Merawat Mobil Secara Berkala

Pemeliharaan kendaraan berdasarkan prosedurnya harus dilakukan secara berkala. Ini kerap terlupakan akibat kesibukan sehari-hari. Mesin mobil sama dengan tubuh manusia, wajib dirawat dan diperhatikan secara berkala. Cek kondisi ban, karburator, rem, setir, dan jangan lupa ganti oli secara rutin. 

Pilih oli yang berkualitas, kalau bisa yang masa pakainya panjang, agar olinya tahan lama dan tidak merusak kocek juga. Sebab jika Anda menggunakan oli murahan, apalagi yang palsu kualitasnya tidak terjamin dan mesin mobil Anda pun bisa terimbas sangat buruk. Bahkan sampai sampai harus turun mesin karena olinya yang tak berkualitas. Maka itu sebaiknya Anda menggunakan oli yang berkualitas seperti oli X-TEN.

 

Oli X-TEN mengandung ester sehingga mempunyai masa pakai lebih lama yakni hingga 15.000 kilometer pada mobil. Oli berbahan ester ini juga akan membuat mesin mobil Anda tetap bersih, karena bahan ester juga memiliki fungsi membersihkan sisa-sisa pembakaran yang menempel pada mesin. Dengan mesin bersih, secara otomatis tarikan mesin entengnya tahan lama dan umur mesinnya tahan lama. 

Dengan merawat mobil secara berkala, otomatis perjalanan Anda pun jadi lebih nyaman karena terhindar dari gangguan teknis seperti mogok mendadak, mesin rewel, ban pecah, dan sejenisnya.

 

Pantau Kondisi Lalu Lintas

Agar terhindar dari macet, pantau selalu lalu lintas jalan dengan aplikas-aplikasi di smartphone. Ada Google Maps dan Waze yang memberi informasi kondisi jalan raya. Yang paling sederhana adalah mendengarkan kanal tertentu pada radio yang sering memberi laporan pandangan mata seputar lalu lintas. Dengan mengetahui jalan mana yang macet, Anda dapat menghindarinya. Perjalanan pun bisa lebih lancar dan menghemat waktu. 

Ayo, segera praktikkan kiat-kiat di atas tadi. Jangan lupa untuk rutin ganti oli dengan oli berkualitas, agar tidak mendadak mogok di jalan. Agar olinya tahan lama, pakailah yang sudah berstandar SNI seperti oli X-TEN. Biar olinya tahan lama dan mesinnya tahan lama juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.