5 Hal yang Wajib Disiapkan Untuk Perjalanan Jauh

perjalanan jauh

Perjalanan Jauh – Road trip alias berkendara jarak jauh dengan mobil memang menyenangkan. Baik bersama keluarga atau teman-teman, touring maupun solo. Karena jaraknya jauh, road trip bisa memakan waktu berhari-hari, tergantung destinasinya. Dari Jakarta ke sejumlah kota-kota di Jawa Barat misalnya, seperti Bandung, Lembang, Subang, atau lebih jauh lagi ke Jawa Tengah. 

Bagi Anda yang baru ingin memulai road trip solo, alias berkendara jarak jauh sendirian, tentu persiapannya wajib benar-benar matang. Sebab di tengah perjalanan kita akan sendirian, dalam arti tidak ada pengendara mobil lain yang dikenal yang dapat memberi bantuan andai terjadi hal yang tak diinginkan.

Apa saja yang harus dipersiapkan jelang road trip solo?

perjalanan jauh

Perjalanan Jauh

Siapkan dokumen penting

Mulai dari SIM, STNK, kartu identitas, atau paspor apabila berencana menyeberang ke perbatasan negara lain. Apabila membawa anggota keluarga atau teman, pastikan mereka semua juga punya kartu identitas. Periksa juga apa semua dokumen itu masih berlaku.

Cek kondisi mesin mobil

Sudahkah melakukan ganti oli secara berkala? Jika belum, segera lakukan. Pakai oli berkualitas bagus, sudah ber-SNI, bahkan bersertifikat internasional seperti JASO. Ini penting, sebab oli berkualitas membuat tarikan mobil entengnya tahan lama. Dengan tarikan enteng, maka pengendara tak mudah lelah, stamina untuk perjalanan jauh pun terjaga.

Bawa oli cadangan

Sudah ganti oli bukan berarti tidak lagi butuh oli cadangan. Namanya saja perjalanan jauh, maka pelumas cadangan tetap perlu. Road trip berjarak ratusan kilometer memungkinkan segala hal dapat terjadi. Sebesar 90 persen durabilitas mesin ditentukan oleh pelumasnya. Bawalah oli cadangan dengan merk dan jenis yang sama dengan oli yang sudah dipakai mesin mobil. Yang tahan dengan RPM tinggi dan bisa stabil di suhu dingin seperti X-TEN, sebab kandungan ester di dalamnya membuat entengnya tahan lama. Pelumas ini cocok dengan road trip, karena punya masa pakai maksimal untuk mobil, yaitu 15.000 kilometer.

Cek tekanan ban

Pastikan tekanan ban sudah tepat, dan tambahkan angin jika kurang. Ini hal yang tidak kalah penting, sebab kenyamanan dan keselamatan berkendara tergantung dengan ban mobil. Komponen inilah yang akan banyak berlaga di medan jalan, baik jalan raya yang mulus hingga berbatu.

Pastikan semua komponen siap

Mulai dari karburator, rem, aki, lampu, kaca spion, hingga kenyamanan dalam mobil dipastikan sudah oke punya. Jangan lupa membawa kotak P3K untuk berjaga-jaga siapa tahu dibutuhkan. Obat-obatan pun sebaiknya dibawa, seperti obat demam, flu, batuk, atau minyak angin. Sebab kesehatan dan stamina pengendara adalah yang utama. Road trip berarti Anda akan lama berada di perjalanan, sehingga sangat tergantung pada kondisi mobil. 

Sudah memastikan semua poin-poin tadi siap? Nah, selamat melakukan road trip solo. Nikmatilah perjalanan, dan selamat sampai di tujuan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.