5 Komponen Penyebab Mobil Overheat

penyebab mobil overheat

Penyebab Mobil Overheat – Salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik mobil, overheating alias mesin cepat panas. Kondisi ini sangat mengganggu, sebab dapat memicu kerusakan mesin, dan berakibat mobil tak bisa berjalan. Lebih fatal lagi, mobil bisa terbakar, dan sangat berbahaya bagi pengendara dan penumpang. 

Salah satu pemicu mobil overheat adalah kondisi mobil yang sudah tua. Ditambah lagi iklim tropis di Indonesia yang kadang mencapai suhu sangat panas. Kalau terjadi pada mobil yang masih baru, kemungkinan akibat kurangnya perawatan. 

Tenang saja, sekarang sudah ada oli X-TEN yang mampu stabil di kondisi panas, membuat mesin tetap dingin sehingga mesinnya tahan lama.

Kalau mobil Anda selalu cepat panas, perlu cek segera beberapa hal ini:

penyebab mobil overheat

Penyebab Mobil Overheat

Kipas radiator

Komponen ini berfungsi untuk mendinginkan mesin. Normalnya, ada sensor yang otomatis mengaktifkan putaran kipas radiator untuk menjaga stabilitas suhu mesin. Dalam kondisi rusak maka sensor dan kipas tidak bekerja. Periksa dulu apakah yang rusak bagian sensornya atau memang kipasnya? Ada kemungkinan kotoran menyumbat atau melapisi sensor sehingga mengangganggu kinerjanya.

Apakah olinya berkualitas?

Pada oli berkualitas baik, kandungannya mampu bekerja optimal walau mesin dalam kondisi panas. Justru oli ini menjaga stabilitas suhu mesin sehingga tetap dingin dan mesinnya tahan lama. Contohnya oli X-TEN yang mengandung ester, biasa dipakai oleh motor dan mobil balap. Dengan memilih oli bermutu tinggi seperti X-TEN, maka overheat pada mobil dapat dihindari.

BBM yang salah

Selain oli, BBM yang salah pilih pun memicu overheat. Seperti kita tahu, kadar oktan dalam BBM harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil. Kalau tidak pas maka mobil mengalami knocking, yaitu adanya suara ketukan berulang di ruang bahan bakar. Penyebabnya adalah proses pembakaran yang tidak sempurna. Pakailah BBM dengan oktan tinggi sehingga pembakaran berlangsung baik.

Thermostat rusak?

Sebagai pengukur suhu mesin, thermostat sangat membantu, bahkan komponen vital. Kalau rusak, maka suhu mesin tidak terukur. Maka kenaikan suhu yang tak stabil tidak diketahui, tahu-tahu sudah overheat, membuat mesin rusak. Rajinlah memeriksa kondisi thermostat. Segera bawa ke bengkel saat fungsinya tidak bekerja. Dengan cara ini maka overheat mobil bisa dihindari dan mesinnya tahan lama.

Cairan radiator tidak tepat

Hindari memakai air biasa untuk mengisi radiator. Ini justru membuat radiator kotor dan berkerak akibat kandungan dalam air itu. Gunakan cairan radiator khusus yang mengandung zat aditif yang melindungi mesin Anda. 

Itu tadi komponen-komponen yang wajib diperiksa rutin demi menghindari mobil mengalami overheat. Pastikan melakukan perawatan secara berkala, termasuk ganti oli. Selalu pakai oli yang bikin mobil Anda mesinnya tahan lama seperti oli X-TEN.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.