5 Tips Berkendara Jarak Jauh Naik Mobil

tips berkendara jarak jauh

Tips Berkendara Jarak Jauh – Di masa pandemi, paling aman melakukan travelling membawa mobil pribadi. Selain dapat menghindari kerumunan, atau bertemu dengan orang-orang yang berpotensi terpapar Covid-19, perjalanan pun pastinya akan lebih nyaman. 

Namun sebelum berangkat, pastikan mobil yang dipakai sudah disiapkan secara matang, terutama perawatan mesin seperti ganti oli. Pilihlah oli yang berkualitas, yakni oli dengan kandungan ester yang bisa bikin mobil entengnya tahan lama. Dengan tarikan enteng, maka menyetir jadi lebih asik, tak mudah lelah. Mengapa harus oli ester, karena ester merupakan oli dengan teknologi paling mutakhir. Bahan dasar ester termasuk dalam group 5, yang artinya bahan ini mempunyai kemampuan menekan tingkat keausan mesin hingga 0%. Maka oli dengan kandungan ester adalah yang terbaik di groupnya. Dengan menggunakan oli ini, mesin tidak mudah aus, mesin jadi stabil di suhu panas dan yang jelas membuat tarikan mesin entengnya tahan lama. Tak heran kalau teknologi oli ester banyak dipakai di kalangan pembalap ya karena bisa membuat kondisi mesin entengnya tahan lama tadi..

Setelah mempersiapkan mobil yang akan dipakai untuk perjalanan jauh, barulah kita memikirkan beberapa barang yang wajib dibawa ketika kita berpergian jarak jauh dengan mobil. Apa saja itu?

tips berkendara jarak jauh

Tips Berkendara Jarak Jauh

Air radiator

Perjalanan jarak jauh otomatis membuat mesin bekerja lebih berat, dan lebih panas. Apapun bisa terjadi di tengah jalan. Siapkan air radiator dalam mobil Anda, siapa tahu diperlukan dalam kondisi tak terduga. Air radiator berguna untuk menjaga stabilitas suhu mesin. Kandungan kimianya melindungi mesin dari cuaca panas.

Oli Mesin

Jika belum sempat ganti oli sebelum travelling? Membawa oli dalam perjalanan jarak jauh adalah langkah bijak. Pilih oli yang masa pakainya lama seperti oli  X-TEN. Oli ini punya masa pakai panjang, yaitu mencapai 5.000 kilometer pada motor, dan 15.000 kilometer pada mobil. Panjangnya masa pakai berarti juga membuat mesin entengnya tahan lama. Pastikan Anda membeli oli X-TEN di bengkel Mobeng untuk keasliannya, sebab sebenarnya oli ini memang dipasarkan langsung ke bengkel Mobeng.

Ban cadangan

Dalam perjalanan jauh, kita tidak tahu pasti medan yang akan ditempuh. Bisa jadi kondisi permukaan jalan kurang baik, sehingga terjadi sesuatu pada ban. Membawa ban cadangan menjadi opsi terbaik. Tentu saja perlu dipelajari bagaimana memasangnya. Dan juga pastikan tekanan ban cadangan juga dalam kondisi standar serta tidak kempes, sehingga bisa digunakan pada saat emergency.

Pompa dan pengukur tekanan udara

Walau saat berangkat sudah diperiksa lebih dulu, tetap saja kondisi ban harus selalu dipastikan prima selama perjalanan. Inilah pentingnya membawa pompa beserta alat pengukur tekanan udara. Apalagi kalau perjalanan ditempuh selama beberapa hari, maka sudah wajib hukumnya melakukan pemeriksaan kondisi ban setiap saat. Sedikit saja gangguan pada ban dapat memicu hal-hal tak diinginkan, seperti kecelakaan akibat slip ban atau ban pecah di perjalanan. Pasti kita tak mau ini terjadi, bukan?

Peralatan teknik dasar

Yang dimaksud adalah alat-alat teknik dasar seperti obeng, kunci berbagai ukuran dan jenis, tang, gunting, selotip. Peralatan ini biasanya tersedia dalam satu set khusus, atau dapat disediakan sendiri. Terkesan remeh, namun peralatan ini bisa jadi dibutuhkan di perjalanan.

Lima benda tadi wajib dibawa ketika kita melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Mungkin dapat dikatakan benda-benda itu semacam P3K bagi kendaraan. Untuk pengendara dan penumpangnya tentu saja siapkan juga kotak P3K tersendiri. Semoga perjalanan bisa lancar, aman, nyaman, dan selamat sampai di tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.