6 Cara Gampang Mengatasi Mobil Boros Bensin

Mobil Boros Bensin

Mobil Boros Bensin – Keluhan tentang kendaraan jadi semakin boros bahan bakar mungkin sering terdengar dan menjadi keluhan paling sering dilontarkan pemilik mobil. Tapi tak banyak pemilik mobil yang mau tahu penyebab keborosan tersebut. Padahal, jika mau memperhatikan, sebenarnya mudah saja cara mengatasi persoalan tersebut. 

Mobil Boros Bensin

Mobil Boros Bensin

Perilaku Mengemudi

Perilaku dan cara pengendara mengemudikan mobil menjadi salah satu faktor penyebab borosnya bahan bakar. Perilaku pengendara yang kerap menekan pedal gas dan rem serampangan atau sering mendadak menekan gas atau mengerem akan menyebabkan aliran bahan bakar tidak stabil hingga konsumsi bahan bakar jadi tidak efisien. Perlu diingat agar selalu mengatur laju dan meningkatkan kecepatan kendaraan secara bertahap. Perlu juga diupayakan  agar mengemudi dengan kecepatan yang stabil, tidak terlalu tinggi maupun rendah.  

Hindari Jalur Macet  

Menghindari jalan padat apalagi macet menjadi salah satu cara menghemat penggunaan bahan bakar. Upayakan mencari jalur alternatif jika menemukan jalan macet. Untuk menemukan jalur alternatif bisa menggunakan aplikasi penunjuk jalan. 

Tekanan Ban

Sebelum berpergian, pastikan ban kendaraan dalam tekanan ideal. Apabila tekanan ban kurang, maka gesekan antara ban yang kempis dengan aspal menjadi lebih besar dibandingkan dengan keadaan dengan tekanan ban ideal. Sebagai konsekuensinya, mesin dipaksa bekerja lebih keras yang  mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi semakin besar alias boros. 

Pemilihan Bahan Bakar

Gunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang sesuai dengan rasio kompresi kendaraan. Hal ini untuk menghemat bahan bakar dan membuat performa mesin tetap baik. 

Pengoperasian AC

Dalam keadaan darurat, semisal indikator bahan bakar menyala yang menandakan persediaan bahan bakar di tangki menipis, maka upaya terakhir adalah dengan mematikan AC. Ketika AC menyala maka komponen pendingin, seperti kompresor dan kondensor akan menyala, sehingga meningkatkan beban mesin dan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat.

Servis Berkala

Selalu servis kendaraan secara berkala untuk memastikan performa kendaraan  tetap optimal.  Ganti oli secara rutin agar pelumasan mesin tetap terjaga maksimal. Jika oli mobil dalam keadaan kotor, maka mesin akan cepat panas sehingga konsumsi bahan bakar menjadi tinggi.  

Nah untuk urusan oli, disarankan Anda dapat menggunakan oli mesin berbahan ester, yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga dan lebih hemat bahan bakar. Ingat kandungan bahan ester yang digunakan dalam oli X-TEN membuat oli tahan lebih lama, rata-rata penggantian oli X-TEN dilakukan saat motor menempuh lebih dari 5.000 KM atau mobil di atas 15.000 km. Olinya tahan lama, bukan? Oli X-TEN memang mampu bertahan lebih lama dari oli lain. Tak hanya itu, penggunaan oli X-TEN juga memproteksi mesin dari gesekan hingga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.