Awas, Salah Gunakan Oli Bisa Bikin Mobil Jadi Overheat!

mobil overheat

Awas, Salah Gunakan Oli Bisa Bikin Mobil Jadi Overheat!

Mungkin Anda sering mengalami kondisi mobil yang cepat panas alias overheat, padahal sepertinya jarak pemakaian yang Anda tempuh tidaklah terlampau jauh. Atau mungkin Anda baru sebentar mengendarainya.

Kondisi overheat pada mobil tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman dalam mengemudi. Pada situasi tertentu, bahkan muncul sejumlah gangguan pada perjalanan Anda, seperti adanya asap atau suhu di dalam kabin mobil juga ikut panas. Dan gangguan paling dasyat ya tentu mobilnya jadi mogok.

Mobil overheat karena beberapa faktor penyebab, salah satu yang menyebabkan mesin mobil cepat panas (overheat) adalah kualitas oli yang kurang baik atau malah olinya malah kurang.

Loh memang ada oli yang tidak sesuai dengan standar. Ya, di pasaran memang ada banyak sekali jenis oli, namun perlu diingat tak semuanya memiliki kualitas yang baik, bahkan beberapa malah tergolong sebagai oli dengan kualitas rendah.

Oli kualitas rendah ini, biasanya tidak tahan terhadap panas, sehingga cepat sekali menguap dan menyebabkan mesin mobil juga menjadi panas. Oli kualitas rendah juga membuat kerja mesin mobil semakin keras dan mesin jadi mengalami gesekan yang cukup kuat. Gesekan inilah yang menyebabkan kondisi mesin mobil jadi cepat panas. Karena itu memang kita harus waspada apabila ada yang menjual oli mesin dengan harga miring dari pasaran.

Mengapa harus membeli oli berkualitas untuk mesin mobil kita, karena tak sekadar melumasi mesin, oli juga punya fungsi sebagai pendingin mesin agar tidak terjadi overheat.

Oli Bisa Bikin Mobil Jadi OverheatMaka bicara soal oli mesin, memang tampaknya Anda tak bisa sekadar coba-coba dan asal memilih oli. Anda harus benar-benar memperhatikannya, agar gejala pemanasan mesin secara berlebihan tidak terjadi.

Sebaiknya, Anda menggunakan oli mesin semi sintetik atau full sintetik untuk mengurangi panas pada mesin Anda, dibandingkan Anda menggunakan oli mineral. Sebab oli sintetik yang terbuat dari molekul kimia ini lebih bisa melindungi mesin Anda dari pemanasan yang tidak perlu tadi.

Namun, jika Anda jika Anda ingin mesin mobil Anda lebih nyaman lagi, maka sebaiknya menggunakan oli mesin dengan campuran ester di dalamnya. Dengan berbahan ester, mobil Anda akan lebih tahan panas dan tarikannya akan lebih enteng. Sebab ester adalah salah satu komponen yang dipergunakan dalam peracikan oli bagi motor atau mobil balap yang membutuhkan kinerja prima. Sehingga dengan menggunakan oli ester, daya tahan mesin mobil Anda pun akan seprima mobil untuk balapan.

Tapi karena untuk mobil balap, pasti oli berbahan ester tak dijual di pasaran bebas. Sehingga akan menyulitkan kita kalau mau menggunakan oli tersebut.

Tenang, kini PT Surganya Motor Indonesia telah meracik oli mobil X-TEN dengan bahan dasar ester tadi. Oli ini diklaim mampu menahan panas dan juga usia pakainya lebih tahan lama yakni mencapai 15.000 km, sementara oli biasa hanya memiliki masa pakai hingga 10.000 km.

Tak sekadar tahan lama, oli ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan kerak-kerak sisa oli, sedangkan oli lain biasanya meninggalkan sisa kerak pada mesin. Dengan kemampuan ini, membuat mesin mobil Anda akan jauh lebih awet dan entengnya jadi tahan lama. Nah, cobain deh sekarang!
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.