Begini Cara Menjaga Kondisi Aki yang Baik untuk Mesin

Begini Cara Menjaga Kondisi Aki yang Baik untuk Mesin

Begini Cara Menjaga Kondisi Aki yang Baik untuk MesinSistem transportasi publik yang semakin baik menyebabkan berubahnya gaya   hidup masyarakat perkotaan. Guna mencapai kantor atau melakukan aktivitas keseharian di tengah kota, masyarakat kini lebih memilih menaiki sarana transportasi publik, seperti kereta api atau bus commuter, dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. 

Sebagai pemilik mobil, tentu ada konsekuensi dari perubahan gaya hidup ini. Akibat lama ditinggal dan tak dinyalakan, aki mobil berpotensi melemah atau soak. Jika ini terjadi, maka aki tak mampu menyalurkan daya untuk menghidupkan mesin. Selain itu, sistem kelistrikan juga tidak akan berfungsi dengan baik. 

Bila ditelaah secara teknis, aki memiliki kemampuan discharge secara mandiri  atau akan kehilangan daya karena reaksi kimia yang terjadi di dalam aki sebesar rata-rata tiga persen per hari.Karenanya, jika tak dinyalakan, daya aki dengan sendirinya akan habis.  

Menjaga Kondisi Aki yang Baik

Keberadaan aki sangat vital bagi operasional mobil. Berbagai fitur dan panel mobil seperti lampu, alarm, power window, dan lain-lain, membutuhkan daya aki agar bisa beroperasi. Jika mobil tidak dihidupkan dalam waktu yang cukup lama, berpotensi pada melemahnya kondisi aki karena tak ada suplai kelistrikan. 

Untuk menjaga kondisi aki tetap prima, ada baiknya mobil harus tetap dipanaskan setiap satu minggu sekali. Lebih baik lagi mobil dijalankan agar alternator bisa mengisi daya yang kemudian disimpan di dalam aki sehingga  terhindar dari  soak.  

Selain menghindari aki tekor atau soak, Anda juga harus sering memanaskan mobil guna menjaga dan melatih mesin mobil agar tetap “ingat” untuk  bekerja secara optimal. Mesin mobil memang seolah memiliki memori sendiri untuk menghafal proses kerja sesuai arahan dan perilaku pemiliknya. Jika lama tak dinyalakan, mesin jadi seolah lupa untuk bekerja secara benar.

kondisi aki yang baik

Mesin mobil yang lama tak dinyalakan, akan memiliki persoalan pada kinerja pelumasannya. Pelumas pada mobil yang lama diam akan membeku dan tak mengalir lancar ke komponen-komponen mesin yang butuh dilumasi. 

Guna membantu meminimalkan masalah ini, pemilik kendaraan wajib menggunakan  pelumas terbaik. Gunakan pelumas yang mengerti kebutuhan mesin guna menjaga dan mempertahankan kinerja primanya.  

Disarankan menggunakan pelumas yang tak mudah beku dan mampu membantu mesin untuk segera bekerja optimal walau mobil lama tak dinyalakan. Pelumas yang memiliki kemampuan terbaik seperti ini adalah pelumas berbahan ester seperti yang terdapat dalam oli X-TEN. Bahan ester mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran. Kemampuan bahan ester memproteksi mesin mampu meminimalkan terjadinya keausan mesin karena gesekan.

Penggunaan oli X-TEN dalam jangka waktu panjang, menyebabkan tingkat keausan mesin rendah sekitar di angka 5-10 persen saja, sehingga mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat bahan bakar. Mesinnya jadi tahan lama.

Penggunaan oli X-TEN mobil berbahan ester menjadikan tarikan mesin juga menjadi enteng. Dan menariknya, entengnya tahan lama. Oli X-TEN mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Penggunaan oli terbaik ini akan membantu mesin segera bekerja optimal walau mobil lama tak dinyalakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.