Begini Fungsi Indikator Pada Mobil

fungsi indikator pada mobil

Fungsi Indikator Pada Mobil – Dalam dunia otomotif, tiga jenis alat ini sudah tak asing lagi di telinga. Ketiganya biasa ada di dashboard mobil. Namun tidak semua orang benar-benar paham apa fungsinya, bahkan jarang ada yang memperhatikan ketiganya. Masing-masing berfungsi sebagai indikator yang kalau diperhatikan dapat membuat kendaraan kita mesinnya tahan lama.

 

Mari kita berkenalan dengan tiga alat indikator ini.

Fungsi Indikator Pada Mobil

fungsi indikator pada mobil

  • Speedometer

Ini adalah alat yang paling umum dan cukup populer, serta selalu ada pada mobil sejak lama.  Sesuai namanya, alat ini berfungsi sebagai indikator kecepatan kendaraan ketika dipacu. Dengan speedometer, pengendara akan tahu seberapa cepat kendaraannya melaju, sehingga bisa mengatur sesuai dengan batas kecepatan yang diizinkan di suatu tempat.

Speedometer terdiri dari dua jenis:

–     Analog, dengan tampilan roda bergerigi yang dilengkapi jarum penunjuk angka 0 hingga batas maksimum kecepatan.

–     Digital:  Kombinasi pulsa magnetik dan pulser yang terletak di sistem gigi.

 

  • Odometer

Ingin tahu sudah sejauh mana jarak tempuh kendaraan Anda? Apakah sudah saatnya melakukan perawatan berkala? Semua dapat diketahui melalui odometer. 

Ya, alat ini berfungsi menginformasikan jarak tempuh yang dilalui kendaraan. Selain indikator jarak, odometer pun menjadi pengingat saat kendaraan harus ganti oli. Ingat ganti oli adalah keharusan untuk menjaga agar mesinnya tahan lama. Rajin mengganti oli secara berkala berarti akan membuat kendaraan Anda mesinnya tahan lama juga.

Tapi ingat, agar mesinnya tahan lama, jangan asal mengganti oli, tapi pilihlah oli berkualitas seperti Oli X-TEN. Olin ini masa pakainya tahan lama, bahkan bisa mencapai 5.000 kilometer pada motor, dan 15.000 kilometer pada mobil. 

Oli X-TEN ini jelas adalah oli berkualitas karena mengandung ester yang olinya tahan lama dan membuat mesinnya tahan lama juga. Kandungan ester yang ada di dalam oli X-TEN juga sangat minim penguapan dan dapat melindungi mesin dari gesekan berlebihan. 

Kembali kepada odometer, pada umumnya alat ini juga terdiri dari dua bagian:

  • A yang menunjukkan total jarak tempuh
  • B disebut juga tripmeter, menunjukkan jarak tempuh yang sedang berjalan saat itu juga.

 

  • Tachometer

Bisa disebut tachometer merupakan jenis alat ukur atau indikator keluaran baru. Hanya kendaraan bermotor produksi anyar yang dilengkapi dengan alat ini. Tachometer berfungsi mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek dalam hitungan per menit. Hitungannya adalah RPM alias Revolution Per Minute. Indikator ini membantu pengendara mengetahui apakah kendaraannya dalam kondisi aman atau berbahaya. 

Posisinya biasanya ada di sebelah kiri atau kanan speedometer, tergantung merk mobil. Saat kendaraan dalam kondisi idle, terlihat jarum tachometer menunjukkan RPM mesin. Kendaraan dalam kondisi baik apabila AC dinyalakan dan tachometer menunjukkan penurunan angka, lalu naik lagi seperti semula. Pada saat kendaraan dipacu cepat, RPM akan tinggi. Pada jenis kendaraan yang sering berada dalam RPM tinggi, sebaiknya memakai oli dengan kandungan ester seperti oli X-TEN, sebab oli yang menggunakan komponen ester bisa membuat suhu mesin stabil. Tentu ini akan membuat mesinnya tahan lama.

Itu tadi tiga jenis alat pengukur pada kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil. Ketiganya sama-sama berfungsi sebagai indikator yang membantu Anda dalam menjaga keamanan dan keselamatan di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.