Kapan Harus Ganti Minyak Rem? Baca Sampai Habis!

kapan harus ganti minyak rem

Kapan harus ganti minyak rem – Minyak rem menjadi salah satu cairan terpenting bagi kendaraan bermotor. Dianggap terpenting karena peran minyak rem sangat krusial dalam mendukung fungsi rem yakni untuk mengurangi kecepatan kendaraan, menghentikan kendaraan yang sedang berjalan, dan menjaga kendaraan agar tetap berhenti.

Komponen rem adalah suatu alat untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas yang timbul akibat gesekan. Guna mengoperasikan komponen rem agar bekerja maksimal, terutama rem bersistem disc brake, diperlukan pelumas atau minyak rem.

Minyak rem berfungsi mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai tekanan saat tuas master rem ditarik. Selain itu, minyak rem juga bekerja mengurangi panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman, yakni kampas dan cakram.

Mengingat arti pentingnya, maka perlu dilakukan pengecekan minyak rem secara berkala. Ada sejumlah ciri-ciri atau tanda untuk mengetahui sejumlah persoalan pada komponen rem atau kapan waktunya penggantian minyak rem. Tanda tersebut adalah:

Kapan Harus Ganti Minyak Rem

Lampu Indikator Rem Menyala

kapan harus ganti minyak rem

Untuk mengetahui telah terjadi masalah pada rem mobil atau kapan waktu penggantian minyak rem yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan lampu indikator rem pada panel speedometer. Jika indikator rem yang menyala maka ada beberapa hal yang mungkin terjadi, seperti rusaknya komponen pada pengereman atau kondisi minyak rem yang sudah kadaluarsa dan mengandung banyak air.

 

Apa Penyebab Kebocoran Master Rem?

Kapan harus ganti minyak rem

Untuk mengetahui kebocoran master rem Anda dapat melihat kondisi di sekeliling kolong mobil apakah terdapat tetesan minyak rem atau bercak-bercak yang menandakan hal tersebut. Kebanyakan kebocoran terjadi pada seal master rem yang sudah usang atau robek. Segera lakukan pergantian seal dengan yang baru sekaligus lakukan pengisian minyak rem baru.

 

Jangan Biarkan Rem Kosong

kapan harus ganti minyak rem

Rem kosong atau sering disebut ngempos merupakan tanda bahwa cairan minyak rem sudah basi. Rem ngempos terjadi karena minyak rem yang basi menyebabkan saluran hidrolik mengembang sehingga tak mampu mencengkram batang rem dengan sempurna. Segera lakukan pengurasan dan penggantian minyak rem dengan yang baru.

 

Rem Blong Hal Paling Berbahaya

kapan harus ganti minyak rem

Rem blong sangat berbahaya karena fungsi mendasar rem yakni untuk mengurangi kecepatan kendaraan, menghentikan kendaraan yang sedang berjalan, dan menjaga kendaraan agar tetap berhenti. Jika terjadi rem blong pada kendaraan Anda segera lakukan pengecekan komponen rem di bengkel dan segera lakukan penggantian minyak rem.

Untuk menjamin fungsi rem tetap optimal, maka perlu dilakukan perawatan dengan mengganti minyak rem saat mencapai jarak 24.000 km atau setiap dua tahun sekali.

Selain minyak rem, salah satu cairan paling penting lainnya pada mobil adalah oli atau minyak pelumas mesin. Disarankan untuk menggunakan oli mesin berkualitas dan berbahan ester seperti yang dimiliki oli X-TEN. Sebab selain olinya tahan lama karena bisa dipakai hingga 15000 kilometer, oli ester mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli pada mesin.

Dengan kemampuan oli ester untuk membersihkan mesin dari sisa-sisa pembakaran tersebut maka oli ini bikin mesin tahan lama dan tarikan jadi entengnya tahan lama. Tak cuma itu, mesin juga jadi adem, tetap bersih, bertenaga dan lebih hemat bahan bakar.

Kandungan bahan ester yang digunakan dalam oli X-TEN sebenarnya memang merupakan oli dasar dari oli mesin motor balap atau mobil balap, namun kini digunakan untuk motor biasa. Karena itu tak heran kalau penggunaan oli X-TEN akan memproteksi mesin dari gesekan hingga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen. Oli X-TEN juga mampu bertahan lebih lama dari oli lain dengan rata-rata penggantian oli X-TEN dilakukan saat motor menempuh lebih dari 5.000 KM atau mobil di atas 15.000 km.

Jadi tunggu apalagi, segera beralih ke oli berkualitas dari X-TEN, biar motor atau mobil Anda entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.